Do’s & Don’ts Menggunakan Retinol Serum

Do’s & Don’ts Menggunakan Retinol Serum

Retinol pada dasarnya adalah nama lain dari vitamin A yang sangat aktif untuk mengatasi bermacam-macam masalah pada kulit. Salah satunya terkenal powerful dalam mencegah penuaan dini dan mengatasi jerawat. Votre Peau memiliki Retinol Serum Concentrate yang didalamnya terdapat Retinol 4% CC (Cyclosystem Complex) pertama di Indonesia yang sudah teuji klinis efektif & stabil dalam menyamarkan garis halus, meremajakan kulit, menstimulasi pembentukan kolagen & juga membantu mengurangi penumpukan komedo serta sel kulit mati akibat jerawat.


Mungkin masih banyak yang masih menghindari bahan satu ini, karena merasa efek yang sebaliknya. Tetapi bisa jadi kamu hanya salah loh cara pakainya! Mengingat ini adalah bahan aktif skincare yang tidak bisa dipakai sembarangan, kamu perlu memperhatikan banyak hal. Apa saja sih Do’s & Don’ts pakai retinol yang harus kamu lakukan? 

Do’s

Secara bertahap & perlahan

retinol sebaiknya dimulai secara perlahan, sebaiknya jangan langsung digunakan setiap hari. Bisa digunakan selama 2 atau 3 malam dalam seminggu terlebih dahulu agar wajah terbiasa. Kemudian, ditingkatkan secara bertahap dari sana, sesuai dengan reaksi di kulit Anda. 

Jika tampak kemerahan atau mengelupas, gunakan sekali seminggu selama sebulan kemudian tingkatkan menjadi dua kali seminggu dan terus pantau kulit Anda sebelum meningkatkan penggunaan.

Digunakan pada malam hari untuk hasil yang maksimal

riset terbitan International Journal of Pharmaceutics (2015) menemukan bahwa retinol adalah photolabile. Kandungan ini bisa pecah atau rusak ketika terkena sinar matahari langsung.Karena cenderung kurang stabil, produk retinol lebih dianjurkan untuk digunakan di malam hari dibarengi dengan moisturizer dan sebaiknya tidak dipakai pada pagi hari. 

Anda wajib menggunakan sunscreen di pagi hari selama menggunakan retinol. Meski akan bekerja aktif di malam hari, namun kulit akan menjadi lebih sensitif apabila terpapar cahaya sinar matahari di pagi hari. Untuk itu, proteksi wajah dengan sunscreen jangan sampai terbaikan.

Don’ts

Hindari menggabungkan Retinol dengan Eksfoliator 

Retinol memiliki peeling agent untuk membantu pengelupasan kulit. Untuk itu, hindari menggunakan retinol bersamaan dengan skincare yang mengandung AHA, BHA, atau PHA, agar kulit tidak menjadi iritasi dan sangat kering. Sebaiknya gunakan skincare eksfoliator itu di saat Anda sedang tidak menggunakan retinol.

 

Ibu hamil & menyusui wajib konsultasi dengan dokter

Produk skincare sebelum kalian hamil biasanya akan berbeda dengan saat Anda sedang hamil. Termasuk produk yang mengandung retinol untuk ibu hamil. Lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Dokter mengenai aman atau tidaknya. 

Karena jika tidak ditanyakan langsung oleh para ahli, ditakutkan retinol berisiko mengganggu tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Bahkan, bayi bisa saja mengalami cacat apabila cara ibu pakai retinol tidak sesuai aturan alias terlalu banyak saat hamil.

Nah, semoga dengan panduan diatas kalian bisa lebih paham untuk penggunaan retinol ya! Karena seperti dendam, Insecure harus dibayar glowing.