Retinol Di Layering Dengan vitamin c? Emang bisa?

Pemakaian skincare dengan rutin merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan kulit sehari-hari. Namun, Votre Beauts jangan lupa untuk memperhatikan kandungan dan aturan dalam memakai produk skincare yaa, karena ada beberapa kandungan yang dapat memberikan efek samping jika tidak digunakan sesuai anjuran. Beberapa kandungan juga tidak dapat digunakan secara bersamaan karena dapat mengurangi manfaat produk itu sendiri. 

Kandungan yang tidak dianjurkan untuk digunakan bersamaan


  • Retinol dengan AHA/BHA
  • Retinol atau Vitamin A merupakan kandungan skincare yang biasa digunakan untuk anti-aging dan mencerahkan. Sementara itu, AHA/BHA merupakan ingredients digunakan untuk mengeksfoliasi kulit dan mengatasi jerawat serta bekas jerawat. Retinol memiliki sifat peeling agent yang dapat mempercepat regenerasi sel kulit namun tidak termasuk ke dalam zat eksfoliasi seperti AHA/BHA. Oleh karena itu, penggunaan Retinol dengan AHA/BHA dalam waktu bersamaan dapat menyebabkan eksfoliasi berlebih di wajah. Dampak yang dapat terjadi pada kulit adalah seperti terjadinya iritasi pada kulit, menyebabkan skin barrier kulit rusak, munculnya ruam kemerahan, serta kulit menjadi kering dan mengelupas.



  • BHA dengan Benzoyl Peroxide 
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, BHA merupakan bahan aktif yang memiliki sifat eksfoliasi pada kulit. Selanjutnya, seperti Votre Beauts tahu bahwa Benzoyl sering digunakan sebagai bahan aktif pada obat totol jerawat. Kedua kandungan ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat. Namun, ketika kedua kandungan aktif ini digabungkan, dapat menyebabkan jerawat aktif dan iritasi. Oleh karena itu, kedua bahan ini tidak boleh digunakan bersamaan ya Votre Beauts…!!

  • Vitamin C dengan AHA
  • Selanjutnya, Vitamin C dengan AHA. Pastinya Votre Beauts tahu bahwa kedua kandungan ini merupakan kandungan yang terkenal dapat mencerahkan wajah. Namun, sayangnya kandungan ini tidak boleh digunakan bersamaan ya Votre Beauts. Karena, kedua bahan ini merupakan asam aktif, sehingga apabila digunakan secara bersamaan, dapat menyebabkan iritasi pada kulit lho!. Tapi tenang aja, apabila Votre Beauts ingin menggunakan keduanya, dapat digunakan selang seling ya. Misalnya Vitamin C pada pagi hari dan AHA pada malam hari.


  • AHA dengan Niacinamide
  • Kandungan Skincare lainnya yang tidak dapat digunakan secara bersamaan adalah AHA dengan Niacinamide. Walaupun keduanya memiliki fungsi untuk memperbaiki tekstur kulit, namun kedua kandungan ini tidak dapat digunakan bersamaan ya Votre Beauts. Niacinamide bekerja pada pH kulit netral, sementara AHA merupakan asam aktif. Sehingga, apabila niacinamide digunakan bersamaan dengan AHA maka kedua kandungan maka tidak bekerja secara maksimal.



  • Retinol dengan Vitamin C
  • Dua kandungan terakhir yang kita akan bahas adalah retinol dengan Vitamin C. Kedua kandungan ini memiliki tingkat efektifitas yang tinggi karena tergolong dalam active ingridients sehingga dapat menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan jika digunakan secara bersamaan. Jika kedua kandungan ini ingin digunakan secara bersamaan kalian harus mencari turunan Vitamin C yang lebih aman dan dapat digunakan dengan bergiliran yaitu pengunaan vitamin c pada siang hari dan retinol pada malam hari.



    TETAPIIII, Votre Beauts jangan khawatirr, ada loh satu brand yang telah memformulasikan produk perawatan kulit yang berbahan dasar vitamin C dan retinol sehingga aman digunakan secara bersamaan. Sehingga, efek yang dihasilkan akan lebih maksimal. Penasaran kan produknya apaa?! Simak produk-produk berikut ya votre beauts!

    Votre Peau Vitamin C Serum

    Votre Peau Vitamin C serum merupakan produk best seller dari Votre Peau. Vitamin C yang telah banyak dipercaya para beauty enthusiast karena mengandung Salicylic Acid dan Vitamin C yang aman dan tidak menghasilkan efek samping. Serum ini membantu mengurangi jerawat dan mencerahkan wajah, menghasilkan warna kulit yang lebih merata dan cocok dengan semua jenis kulit. Kandungan Vitamin C yang digunakan juga merupakan derivative vitamin yang stabil terhadap udara maupun cahaya sehingga aman digunakan bersamaan dengan retinol.

    Votre Peau Serum Retinol Concentrate

    Votre Peau Serum Retinol Concentrate adalah serum pertama di Indonesia yang menggunakan kandungan 4% Retinol CC (Cyclosystem Complex). Votre Peau Serum Retinol Concentrate sudah teruji untuk menyamarkan garis halus, meremajakan kulit, menstimulasi pembentukan kolagen, dan membantu mengurangi penumpukan komedo dan sel kulit mati penyebab jerawat. Karena serum ini mengandung 4% Retinol CC, konsentrasi ini memiliki efektifitas hasil yang lebih baik dan memiliki formulasi yang melembabkan serta penyerapan ke kulit yang lebih optimal.

    Nahh udah aku spill nih produk retinol dan vitamin c yang aman untuk digunakan bersamaan, cobain dan buktiin yaa kalau produk votre peau itu aman karena diformulasi oleh dermatologis.


    You may also like

    View all
    Example blog post
    Example blog post
    Example blog post